Kembali lagi ke bioteknologi...Ceritanya sama,, ketika aku sedang kuliah Bioteknologi… seorang dosenku sedang berbicara tentang satu istilah yang mungkin masih asing di telingaku.Nampaknya sedikit keren juga istilah itu, sampai-sampai aku tertarik untuk mencari informasi tentangnya.. hehehe..Kalau kita sering mendengar istilah in vitro dan in vivo,, ternyata gak hanya itu…Masih ada satu lagi istilah yaitu in silico…Yang terbayang dalam benakku setelah mendengar istilah in silico ini adalah.. sesuatu yang merupakan bahan baku komponen komputer.. hahahahaha.. lalu apa hubungannya dengan bioteknologi??.Setelah aku baca suatu artikel yang membahas tentang istilah ini.. aku terperangah saking kagumnya..Hmm..bener eh..teknologi sekarang udah cuanggihhhhhh…tenan..Dengan metode in silico ini kita bisa menemukan obat dengan menggunakan perangkat komputer.. hebat kan???
Galeri Awetan Porifera Jepretanku
Temen"ini foto-foto Filum Porifera hasil jepretanku.Yahh...walaupun ga terlalu bagus dan berhubung awetannya memang sudah lama...jadi,,harap maklum kalo ada yg jelas...ada yg gak terlalu jelas...hehehe... Lokasi Pengambilan : Laboratorium STH (Struktur Hewan) Universitas Pendidikan Indonesia. Tanggal Pengambilan : 9 Oktober 2009.
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Calcarea
Subclass : Calcaronea
Order : Leucosolenida
Family : Grantiidae
Genus : Grantia
Species : Grantia ciliata
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Calcarea
Subclass : Keratosa
Order : Leucosolenida
Family : Sycettidae
Genus : Scypha
Species : Scypha sp
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Demospongiae
Order : Halichondrida
Family : Halichondriidae
Genus : Halichondria
Species : Halichondria sp
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Demospongiae
Order : Haplosclerida
Family : Chalinidae
Genus : Haliclona
Species : Haliclona sp
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Calcarea
Subclass : Calcaronea
Subclass : Calcaronea
Order : Leucosolenida
Family : Leucosoleniidae
Genus : Leucosolenia
Species : Leucosolenia sp
Species : Leucosolenia sp
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Demospongiae
Order : Dictyoceratida
Family : Spongiidae
Genus : Hippospongia
Species : Hippospongia equina
Species : Hippospongia equina
Kingdom : Animalia
Phylum : Porifera
Class : Demospongiae
Subclass : Monoaxonida
Subclass : Monoaxonida
Genus : Halichondrina
Species : Halichondrina sp
Species : Halichondrina sp
Ini adalah beberapa awetan porifera yang ada di laboratorium...
Sebenarnya ada banyak...gak cuma segini doank....tp karena mungkin awetannya sudah lama dan banyak yang sudah tidak terlihat bentuknya, jadi yang sisa cuma segini aja...
Untuk sementara gambar" porifera yang ditampilkan segini dulu...
Tapi masih ada beberapa foto lagi yang kupunya belum ditampilkan di sini...
Tunggu aja posting berikutnya ya...^^
The Second Protozoa Note’s About
Pada posting sebelumnya, aku sudah menampilkan beberapa kelompok kelas dari Protozoa. Nah,, pasti teman”bingung kan.. bagaimana cara mereka berkembang biak? Hmm.. Jangan salah… di lingkungan kita itu sebenarnya buanyaaaakk banget yang namanya protozoa,,Kok bisa ya mereka berkembang begitu cepat dalam waktu yang begitu singkat??Hehe.. Mereka biasanya berkembang biak secara vegetatif.. yaitu dengan cara membelah diri…Pasti kalian sudah pernah belajar tentang cara reproduksi ini saat masih SMP.. :).Ternyata cara membelah diri mereka berbeda tiap kelasnya..Namun, mereka gag hanya berkembang biak secara vegetatif saja…tapi juga berkembang biak secara generatif.. Hanya saja perkembangbiakan generatif ini hanya terjadi jika keadaan lingkungan yang kurang baik untuk mereka.. ^^Berikut perbandingannya.. Perbandingan Reproduksi :
Rhizpoda- Vegetatif :Membelah diri secara orthodox
Flagellata-Vegetatif :Membelah diri biner secara longitudina,Generatif :Persatuan antara ovum dan spermatozoid .
CIlliata-Vegetatif :Membelah diri secara transversal,Generatif :Konyugasi/Autogami . Sporozoa - Vegetatif :Multiple fission,Generatif :Perkawinan antara mikrogamet dan makrogamet
Rhizpoda- Vegetatif :Membelah diri secara orthodox
Flagellata-Vegetatif :Membelah diri biner secara longitudina,Generatif :Persatuan antara ovum dan spermatozoid .
CIlliata-Vegetatif :Membelah diri secara transversal,Generatif :Konyugasi/Autogami . Sporozoa - Vegetatif :Multiple fission,Generatif :Perkawinan antara mikrogamet dan makrogamet
Apa itu KONYUGASI???
Konyugasi adalah perkawinan antara dua individu yang tidak atau belum dapat dibedakan mana jantan dan mana betinanya. Dalam hal ini yang belum dapat dibedakan adalah ALAT KELAMIN. (Caution! soalnya sering banyak salah konsep tentang konyugasi)
Contoh sporozoa adalah Monocystis. Monocystis terdapat pada cacing parasit.
Kehidupan Protozoa
Rhizopoda pada umumnya ada yang hidup soliter,, hidup bebas,, atau parasit.
Flagellata hidup bebas,, ada yang parasit,, ada yang bersimbiosis mutualisma. Contohnya pada Oxymonas di dalam tubuh Phyrsonympha yang membantu menghasilkan enzim selulase.
Cilliata biasanya hidup bebas sebagai parasit.
Sporozoa pada umumnya adalah parasit!
Sistem Respirasi
Respirasi pada ke empat kelas Protozoa dengan cara difusi melalui permukaan tubuhnya.
Ekskresi pada ke empat kelas Protozoa melalui permukaan tubuh.
Sisa metabolisme mereka (Protozoa) dapat berupa urea yang disebut dengan protozoa ureolelik , atau dapat berupa amoniak yang disebut dengan protozoa amonoklit.
Hal penting di sini adalah vakuola kontraktil yang berperan sebagai osmoregulator,, karena air di luar sel konsentrasinya lebih tinggi di banding dengan keadaan di dalam sel.
Tentunya kalian ingat kan apa yang dimaksud dengan Osmosis??
Osmosis adalah perpindahan air dari yang konsentrasinya tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah...
Pencernaan makanan
Rhizopoda : dengan menggunakan vakuola makanan (bisa bersifat holozoik atau saprozoik)
Flagellata : bersifat holofilik kalau mempunyai klorofil,, selain itu juga bisa holozoik atau saprozoik.
Cilliata : makan dengan vakuola makanan
Sporozoa : bersifat saprofitik.
Mengapa seseorang terkena penyakit malaria??
Penyakit malaria disebabkan oleh masuknya Plasmodium dalam darah. Plasmodium ini biasanya terdapat pada dinding lambung nyamuk Anopheles betina.
Mengapa nyamuk Anopheles betina? Karena nyamuk Anopheles jantan tidak mengisap darah, tapi meminum sari'” tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan.Manusia yang terinfeksi Plasmodium disebut inang intermedier (biasanya terkena pada jaringan epitheliomuscular di hati).Nyamuk Anopheles betina berperan sebagai inang definitif.Di dalam tubuh yang terinfeksi terjadi siklus eksoeritrik yang menentukan Plasmodium apa yang menjangkit orang yang terkena penyakit malaria.
Plasmodium ada 3 macam :
- Plasmodium vivax penyebab penyakit malaria tertiana (48 jam siklus)
- Plasmodium malariae penyebab penyakit malaria kuartana (72 jam siklus)
- Plasmodium falciparum penyebab penyakit malaria tropika (24 jam siklus)
Mengapa hanya nyamuk Anopheles yang menyebarkan penyakit malaria ini?
Hal tersebut dikarenakan nyamuk Anopheles betina ini lambungnya lebih basa dibanding nyamuk lain, sehingga Plasmodium tidak akan mati di dalam lambung Anopheles betina. Contoh nyamuk lain, misalnya nyamuk Culex memiliki lambung yang lebih asam sehingga Plasmodium di lambungnya akan mati, karena Plasmodium tidak tahan asam.
Ada beberapa karakter nyamuk:
- Antrofilik : menghisap manusia
- Zoofilik : menghisap hewan
- Endofagik : mencari darah di dalam rumah
- Eksofagik : mecari darah di luar rumah
Begitulah asal muasal penyakit malaria.. Sekarang ganti topik ke Amoeba….
Ada beberapa tingkah laku amoeba:
- fototropisme, yang akan berhenti jika diberi cahaya
- kemotropisme, yang bereaksi positif jika diberi zat kimia gula
- termotropisme, yangakan menghentikan makan dan pergerakan jika suhu berada di atas 30 derajat celcius.
- geotropisme, yang bereaksi positif terhadap gravitasi
- rheotropisme, yang bereaksi positif jika terdapat arus air.
Seringkali kita melihat suatu lapisan hijau di permukaan kolam. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Karena di dalam kolam tersebut terdapat banyak Euglena biasanya berbentuk bulat dan tanpa flagel.Apa lagi yah?.Segitu dulu ah… Nanti dilanjut lagi…. hehehe..
The First Protozoa Note’s About
Tahu gag teman".............
Dalam setetes air ternyata ada kehidupan...
Mereka yang hidup di sana adalah makhluk" yang sangat kecil (jelas donk ya hehe), tentu saja kita tidak dapat melihatnya secara kasat mata... harus menggunakan alat yang disebut mikroskop!
Mereka adalah hewan primitif yang bersel satu (uniseluler)..
Siapakah mereka???
Mereka sering kita sebut PROTOZOA...^^
Hmm.. pengen sedikit cerita aja ni..
Sebelum melakukan praktikum untuk mengenal lebih jauh tentang Protozoa ini, harus menyiapkan dulu air jerami, air selokan, atau air apapun yang tidak bersih... (yang jelas..baunya minta ampyun dah! *tutup idung*)
Setelah dilihat di mikroskop, ternyata pada air yang paling kotor, di situlah terdapat banyak sekali dan berbagai macam makhluk" kecil ini yang tertangkap dan teramati...huahahaha..
Dari situ dapat disimpulkan bahwa, protozoa ini menyukai air yang kotor, dan biasanya kita jadikan sebagai indikator air yang tidak bersih...Sebenernya bentuknya lucu-lucu sih... tp kok jorok ya.. hahaha
Ada yang merupakan makhluk kecil mikroskopis yang sering kita sebut sebagai bakteri...
Tapi ada yang tau gak, bakteri dan protozoa itu dimana letak perbedaannya??
Hmm...
Ternyata bakteri itu dikelompokkan sebagai tumbuhan dan membran dinding sel terbuat dari selulosa, sedangkan protozoa dikelompokkan sebagai hewan dan membran dinding selnya terbuat dari protein.
Protozoa ini ada yang hidup bebas ada juga yang bersimbiosis.
Contoh protozoa yang hidup bebas:
Amoeba proteus
Euglena viridis
Paramecium sp
Contoh protozoa yang bersimbiosis parasitisme :
Entamoeba coli
Trypanosoma brucei
Leishmania tropica
Balantidium coli
Plasmodium
Monocystis
Contoh protozoa yang bersimbiosis mutualisme:
Oxymonas yang bersimbiosis mutualisme dengan rayap
Oxymonas ini menghasilkan enzim selulase pada sistem pencernaan rayap.
Ciri-ciri protozoa:
-
Bersel satu
-
Hidup bebas atau bersimbiosis dengan organisme lain
-
Pencernaan intraseluler pada vakuola makanan. Ada empat cara pengambilan makanan protozoa:
-
Holozoik
-
Saprozoik
-
Holofitik
-
Saprofitik
-
-
Mempunyai alat gerak berupa pseudopodium, flagellum, atau cillium
-
Respirasi difusi melalui permukaan tubuh
-
Ekskresi dengan permukaan tubuh
-
Memiliki vakuola kontraktil sebagai osmoregulator dan ekskresi
-
Reproduksi dapat dilakukan secara vegetatif dan generatif
Berdasarkan alat geraknya, protozoa dikelompokkan menjadi empat kelompok:
a. RHIZOPODA
Rhizopoda artinya kaki akar. Rhizopoda mempunyai nama lain yaitu Sarcodina, yang artinya mirip segumpal daging. Contohnya, Amoeba proteus
b. FLAGELLATA
Flagellata mempunyai nama lain Mastigophora, yang artinya pembawa cambuk. Contohnya, Euglena viridis
c. CILLIATA
Cilliata mempunyai nama lain yaitu Infusorhia, yang artinya kelopak mata. contohnya Paramaecium caudatum.
d. SPOROZOA
Sporozoa ini biasanya berupa sporozoit. Contohnya, Monocystis.
Protozoa itu ternyata unik ya... Masih banyak macam protozoa yang ada di muka bumi ini teman" yang disebutkan di atas itu hanya sebagian keciiiiillll dari berbagai contoh protozoa..hahahaha..
Tulisan ini pun baru sebagian kecil saja dari informasi" tentang protozoa yang aku punya...
So,,,,,,,, kalo pengen tau cerita protozoa selanjutnya, tunggu posting aku berikutnya ya..ya...ya....
Sabarr..sabarr...
Keep smile, friend! ^^
Bruner Learning Theory
Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia.Manusia diciptakan dengan akal budinya.Tuhan memang luar biasa telah menciptakan manusia begitu sempurna.Manusia dapat berpikir dan belajar.. bahkan sejak usianya masih dini.Ngomong" soal belajar.. ternyata belajar juga ada teorinya, lho.. Mungkin ada yang udah tahu atau blm denger sama sekali?? Hehe.. tenang, di sini aku akan menumpahkan isi catatanku untuk kalian.. Teorinya ada macam-macam.. sesuai dengan tokoh" yang mengemukakan apa sih arti belajar sesungguhnya.. Sebagai intermezzo..!!Sebenernya ini merupakan salah satu mata kuliah yang sedang aku pelajari sekarang..Haha (pengumuman!) dan konon pada mata kuliah ini.. susah banget dapet nilai bagus akibat dosennya yang gak killer" banget tp pelitnya minta ampun.Hahahaha (Peace ah, pak!).Tp aku yakin dosenku itu baik.. karena beliau ingin mahasiswanya belajar sungguh" tentang teori belajar ini.. apalagi mahasiswa"nya itu adalah calon guru, yang sudah tentu harus mengenali gaya" belajar siswa"nya kelak.Ok! Sekian intermezzonya..Saatnya kita kembali ke...........Laptop! (Lho..).Bruner and his theory,Jerome S. Bruner adalah seorang ahli psikologi perkembangan dan ahli psikologi belajar kognitif.Beliau telah melakukan berbagai penelitian yang meliputi persepsi manusia, motivasi belajar, dan berpikir.Menurut Bruner,"Learning could occur without any accompanying observable behaviour"artinya belajar itu terjadi tidak selalu dari sesuatu yang dapat diamati saja.Enactive (lebih berpengaruh pada perilaku dan tindakan).Contohnya; roll over (bergulung), walk (berjalan), jump (melompat), sit up , etc
- Dominant in early years of age, artinya belajar enactive ini dominan terjadi pada usia dini
- Young person learn to dance, to play musical instrument quicker, and better than older person, karena biasanya seseorang yang berusia lebih muda akan lebih baik dalam belajar dan menangkap sesuatu daripada seseorang yang lebih tua.
Iconic (lebih berpengaruh pada simbol, dan benda asli)
- Iconic representation normally becomes dominant during the next stage of childhood years, atinya tahapan iconic ini lebih tinggi daripada enactive, biasanya dominan terjadi pada tahapan setelah anak-anak.
- Children learn to understand what pictures and diagrams are and how to do arithmetic using numbers and without counting objects, karena biasanya anak-anak belajar untuk mengerti gambar dan diagram, dan bagaimana untuk menghitung menggunakan angka tanpa menghitung objek hitung contohnya simbol Mesir kuno.
Symbolic (tahapan di mana kita mengetahui konsep yang abstrak)
- Later,, ussualy around adolescence- the symbolic mode of learning becomes most dominant, biasanya terjadi pada saat usia mulai menginjak lebih dewasa.
- Students can understand and work with concepts that are abstract, artinya murid sudah bisa mengerti dan bekerja dengan konsep yang abstrak
Ada tiga prinsip penting pada teori belajar Bruner:
- Readiness (kesiapan); Pengalaman dan konteks menentukan kesiapan siswa dalam belajar. Kesiapan belajar di sini adalah kesiapan yang menyangkut dengan yang ada di otak. Contohnya, materi sebelumnya yang harus ada sebelum siswa belajar tentang pemahaman materi selanjutnya yang masih berhubungan dengan materi yang sebelumnya.
- Spiral organization (kurikulum spiral); Ada tahapan pembelajaran sesuai dengan umurnya.
- Tidak harus semua bahan pelajaran diberikan, ada bagian yang harus dicari sendiri agar kemampuan berpikirnya berkembang.
Emh, inilah sekilas tentang Mr. Jerome bruner with his theory.. Ini adalah salah satu sudut pandang saja.. masih banyak tokoh yang mempunyai sudut pandang lain tentang teori belajar itu sendiri..
Yang penting, kita harus selalu bersyukur dengan akal budi yang buat aku sih merupakan anugerah terbesar yang Tuhan udh kasih sama kita, karena Dia telah membentuk kita sedemikian rupa agar kita dapat belajar tentang kehidupan.. Kompleks ya teman"..Hihihi..
Gak usah dibikin pusing donk, kawan.. Kita sama" belajar dan saling bertukar informasi aja.. mudah"an tulisan ku ini dapat berguna dan menginspirasikan kalian..----
Ciaow!
Yang penting, kita harus selalu bersyukur dengan akal budi yang buat aku sih merupakan anugerah terbesar yang Tuhan udh kasih sama kita, karena Dia telah membentuk kita sedemikian rupa agar kita dapat belajar tentang kehidupan.. Kompleks ya teman"..Hihihi..
Gak usah dibikin pusing donk, kawan.. Kita sama" belajar dan saling bertukar informasi aja.. mudah"an tulisan ku ini dapat berguna dan menginspirasikan kalian..----
Ciaow!
Langganan:
Postingan (Atom)